Corporate Communication

CORPORATE COMMUNICATION
NAMA KELOMPOK :
Burhanuddin R. Muslim
Hafidz Haque Hariadi
M. Fadil Fidrian
M. Reza Sulaiman
M. Ridwan
3IA10

Pengertian Corporate Communication

Corporate Communication adalah pesan yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi atau perusahaan, badan, atau lembaga kepada publik. Publik dapat berasal dari internal yaitu karyawan, stakeholder, dan pemegang saham maupun eksternal seperti agensi-agensi, mitra, media, pemerintah, badan industri dan institusi-institusi, serta masyarakat intelek dan masyarakat umum. Suatu organisasi harus mengomunikasikan pesan yang sama ke semua yang berkepentingan , untuk mengirimkan koherensi , kredibilitas dan etika suatu perusahaan.

Fungsi Corporate Communication Eksternal

  • Membujuk konsumen membeli produk
  • Menjelaskan produk atau layanan
  • Mengklarifikasi spesifikasi yang dibutuhkan
  • Mempromosikan image positif perusahaan
  • Memberikan kredit dan menagih piutang
  • Salah satu penerapan dari corporate communication eksternal adalah brosur

Fungsi Corporate Communication Internal

  • Mengeluarkan dan menjelaskan peraturan/prosedur
  • Menginformasikan progres perusahaan
  • Mendorong pegawai melakukan perbaikan
  • Evaluasi, memberi penghargaan dan menegur pegawai
  • Salah satu penerapan dari corporate communication internal adalah annual report

Brosur

Brosur adalah suatu alat publikasi resmi dari perusahaan yang berbentuk cetakan, yang berisi berbagai informasi mengenai suatu produk, layanan, program dan sebagainya, yang dimana ditujukan kepada pasar sasaran atau sasaran tertentu.

Fungsi Brosur

  1. Fungsi informatif: menginformasikan kepada konsumen potensial berkaitan dengan perusahaan seperti produk atau layanan perusahaan, perubahan baru pada perusahaan dsb.
  2. Fungsi iklan: sebagai alat promosi yang menarik dan memungkinkan untuk mempromosikan satu atau lebih produk atau jasa
  3. Fungsi identifikasi:  desain brosur yang baik memungkinkan suatu perusahaan untuk mempertahankan suatu kriteria pada perusahaan. Kriteria tersebut memudahkan proses identifikasi yang memberikan kredibilitas pada perusahaan

Ciri-ciri Brosur

  • Pernyataan pesannya selalu tunggal.
  • Dibuat bertujuan untuk meniformasikan, mengedukasi, dan mempengaruhi pelanggan untuk membeli atau mengadopsi pesan yang disampaikan.
  • Diterbitkan sekali, tetapi bisa dicetak berulang-ulang
  • Brosur harus bisa menarik perhatian pelanggan.
  • Mempunyai sistem distribusi sendiri yang bukan merupakan bagian dari media lainnya.
  • Copynya harus jelas serta desainnya harus menarik.

Contoh Brosur

Annual Report

Annual report/ laporan tahunan merupakan laporan perkembangan dan pencapaian yang diraih oleh sebuah organisasi dalam satu tahun. Data yang akurat merupakan dasar dalam penyusunan laporan tahunan. Annual report merangkum laporan keuangan dan prestasi yang dicapai sebuah perusahaan dalam periode satu tahun.

Fungsi Annual Report

  • Informasi pencapaian perusahaan dalam satu tahun
  • Media pemasaran yang kreatif melalui integritas tulisan dan desain
  • Meningkatkan daya tarik perusahaan dimata konsumen
  • Dokumen lengkap yang menyajikan neraca laba rugi perusahaan
  • Menjelaskan jobdesc dan fungsi masing-masing bidang kerja.

No
Tanggal
Uraian
Pcs
17,50%
7,50%
10%
1
21/01/2012
GAPENSI
4
29.575
12.675
16.900
2
25/01/2012
GAPENSI
1
4.550
1.950
2.600
3
26/01/2012
GAPENSI
13
75.950
32.550
43.400
4
01/02/2012
GAPENSI
13
118.300
50.700
67.600
5
07/02/2012
GAPENSI
1
10.500
4.500
6.000
6
08/02/2012
GAPENSI
15
283.675
121.575
162.100
7
09/02/2012
GAPENSI
17
414.575
177.675
236.900
8
11/02/2012
GAPENSI
12
92.400
39.600
52.800
9
15/02/2012
GAPENSI
7
96.425
41.325
55.100
10
16/02/2012
GAPENSI
2
30.100
12.900
17.200
11
17/02/2012
GAPENSI
5
71.750
30.750
41.000
12
18/02/2012
GAPENSI
6
49.000
21.000
28.000

Jumlah

96
1.276.000
547.200
729.600

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUPERSEMAR (SURAT PERINTAH SEBELAS MARET 1966)

Asal Usul Perusahan Telkomsel