Corporate Communication
CORPORATE
COMMUNICATION
NAMA
KELOMPOK :
Burhanuddin
R. Muslim
Hafidz
Haque Hariadi
M.
Fadil Fidrian
M.
Reza Sulaiman
M.
Ridwan
3IA10
Pengertian Corporate Communication
Corporate
Communication adalah pesan yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi atau perusahaan,
badan, atau lembaga kepada publik. Publik dapat berasal dari internal yaitu
karyawan, stakeholder, dan pemegang saham maupun eksternal seperti
agensi-agensi, mitra, media, pemerintah, badan industri dan
institusi-institusi, serta masyarakat intelek dan masyarakat umum. Suatu
organisasi harus mengomunikasikan pesan yang sama ke semua yang berkepentingan
, untuk mengirimkan koherensi , kredibilitas dan etika suatu perusahaan.
Fungsi Corporate Communication Eksternal
- Membujuk konsumen membeli produk
- Menjelaskan produk atau layanan
- Mengklarifikasi spesifikasi yang dibutuhkan
- Mempromosikan image positif perusahaan
- Memberikan kredit dan menagih piutang
- Salah satu penerapan dari corporate communication eksternal adalah brosur
Fungsi Corporate Communication Internal
- Mengeluarkan dan menjelaskan peraturan/prosedur
- Menginformasikan progres perusahaan
- Mendorong pegawai melakukan perbaikan
- Evaluasi, memberi penghargaan dan menegur pegawai
- Salah satu penerapan dari corporate communication internal adalah annual report
Brosur
Brosur
adalah suatu alat publikasi resmi dari perusahaan yang berbentuk cetakan, yang
berisi berbagai informasi mengenai suatu produk, layanan, program dan
sebagainya, yang dimana ditujukan kepada pasar sasaran atau sasaran tertentu.
Fungsi Brosur
- Fungsi informatif: menginformasikan kepada konsumen potensial berkaitan dengan perusahaan seperti produk atau layanan perusahaan, perubahan baru pada perusahaan dsb.
- Fungsi iklan: sebagai alat promosi yang menarik dan memungkinkan untuk mempromosikan satu atau lebih produk atau jasa
- Fungsi identifikasi: desain brosur yang baik memungkinkan suatu perusahaan untuk mempertahankan suatu kriteria pada perusahaan. Kriteria tersebut memudahkan proses identifikasi yang memberikan kredibilitas pada perusahaan
Ciri-ciri Brosur
- Pernyataan pesannya selalu tunggal.
- Dibuat bertujuan untuk meniformasikan, mengedukasi, dan mempengaruhi pelanggan untuk membeli atau mengadopsi pesan yang disampaikan.
- Diterbitkan sekali, tetapi bisa dicetak berulang-ulang
- Brosur harus bisa menarik perhatian pelanggan.
- Mempunyai sistem distribusi sendiri yang bukan merupakan bagian dari media lainnya.
- Copynya harus jelas serta desainnya harus menarik.
Contoh
Brosur
Annual Report
Annual
report/ laporan tahunan merupakan laporan perkembangan dan pencapaian yang
diraih oleh sebuah organisasi dalam satu tahun. Data yang akurat merupakan
dasar dalam penyusunan laporan tahunan. Annual report merangkum laporan
keuangan dan prestasi yang dicapai sebuah perusahaan dalam periode satu tahun.
Fungsi Annual Report
- Informasi pencapaian perusahaan dalam satu tahun
- Media pemasaran yang kreatif melalui integritas tulisan dan desain
- Meningkatkan daya tarik perusahaan dimata konsumen
- Dokumen lengkap yang menyajikan neraca laba rugi perusahaan
- Menjelaskan jobdesc dan fungsi masing-masing bidang kerja.
No
|
Tanggal
|
Uraian
|
Pcs
|
17,50%
|
7,50%
|
10%
|
1
|
21/01/2012
|
GAPENSI
|
4
|
29.575
|
12.675
|
16.900
|
2
|
25/01/2012
|
GAPENSI
|
1
|
4.550
|
1.950
|
2.600
|
3
|
26/01/2012
|
GAPENSI
|
13
|
75.950
|
32.550
|
43.400
|
4
|
01/02/2012
|
GAPENSI
|
13
|
118.300
|
50.700
|
67.600
|
5
|
07/02/2012
|
GAPENSI
|
1
|
10.500
|
4.500
|
6.000
|
6
|
08/02/2012
|
GAPENSI
|
15
|
283.675
|
121.575
|
162.100
|
7
|
09/02/2012
|
GAPENSI
|
17
|
414.575
|
177.675
|
236.900
|
8
|
11/02/2012
|
GAPENSI
|
12
|
92.400
|
39.600
|
52.800
|
9
|
15/02/2012
|
GAPENSI
|
7
|
96.425
|
41.325
|
55.100
|
10
|
16/02/2012
|
GAPENSI
|
2
|
30.100
|
12.900
|
17.200
|
11
|
17/02/2012
|
GAPENSI
|
5
|
71.750
|
30.750
|
41.000
|
12
|
18/02/2012
|
GAPENSI
|
6
|
49.000
|
21.000
|
28.000
|
Jumlah
|
96
|
1.276.000
|
547.200
|
729.600
|
Komentar
Posting Komentar